Danramil 10/Menyuke Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pedalaman Sedagok

Landak - Meranti - Danramil 10/Menyuke Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada Warga yang sedang menyaksikan Operasi penertiban PETI di Dusun Sedagok Desa Selange Selasa (20/3), warga antusias mendengarkan dan ikut bermain bersama prajurit yang ada.

Sambil menunggu kendaraan jemputan peralatan PETI di dusun Sedagok, Danramil 10/Menyuke Kapten CZI. Joko Umbaran mengajak warga yang ada utuk menghafal Pancasila.

"Ayo..... jangan tegang. Biar barangnya dibawa..... kita bermain. Siapa yang menghafal Pancasila... silahkannangkat tangan, berdiri dan sebutkan!"  ujar Joko

Dari sekian warga yang ada.... tidak ada satupun yang tunjuk tangan dan menyebutkan Pancasila. Sang Kapten pun menginstruksikan warga untuk duduk di tangga rumah.

"Sekarang dengarkan. Kita ini warga Indonesia. Kita hidup berdasar Pancasila. Bapak-bapak dan semua yang ada disini wajib hafal Pancasila," terang Joko

Dengan gagah dan trik Sang Komandan dan kedua prajuridnya memandu warga dusun Sedagok menghafal Pancasila dengan penuh akrab dan canda tawa.

"Saya sebutkan Pancasila. Setiap saya sebut Nomor... 1 sampai 5... kalian sebutkan isinya," ucap Joko.

Dengan berulang-ulang... akhirnya warga yang datang menyaksikan pengangkutan peralatan PETI menghafal Pancasila berkat kepiawaian Sang Kapten berbaur dengan masyarakat.

Setelah itu... Sang Kapten mengarahkan warga kembali bahwa untuk menjaga kesatuan berbangsa... ada 4 perekat yang harus di tanam dalam hati.

"Supaya kita tetap satu.... cinta Indonesia.... ingat ke empat hal ini. Yang Petama Pancasila, Kedua UUD 1945, Ketiga Persatuan NKRI dan terakhir Bhineka Tunggal Ika," pugkas Joko

Sebelum meninggalkan Sedagok, Kapten CZI. Joko Umbaran menghimbau warga supaya tetap koordinasi di Polsek jika ada hal-hal yang mengganggu keamanan masyarakat untuk ditindaklanjuti oleh aparat keamanan.



Komentar

Faforit

Ngaku Polisi akhirnya Berurusan dengan Polisi