Padang Resmi Jadi Timanggong Binua Sailo Salaas Tahun 2018-2025

Mempawah Hulu (Suara Landak)- Padang Dikukuhkan oleh Dewan Adad Dayak (DAD) Mempawah Hulu Jadi Timanggong Binua Sailo Salaas Kamis Siang (22/3), Kepala Desa Salaas Xaverius Sines, Perwakilan Danramil 07/Mempawah Hulu Serda Rudi, Perwakilan Kapolsek Mempawah Hulu Bripka Riswantoro dihadiri oleh Timanggong Se-Mempawah Hulu, Pasirah Paraga seligkungan binaan Binua Sailo Salaas.

Dalam Sambutannya Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Mempawah Hulu Yilinus Raoni mengatakan bahwa Jabatan Timanggong wajib diregenerasikan.

"Jabatan Timanggong selain menjadi penegak hukum keatifan lokal adat dan Budaya Dayak juga harus mampu menjalankan aturan-aturan tanpa diinterfensi supaya benar-benar bisa jadi pendidikan adat kepada masyarakat dan generasi berikutnya," ujar Yulinus Raoni

Ditempat yang sama dirumah temanggong terpilih, Kepala Desa Salaas Xaverius Sinen berharap keberadaan Timanggong harus mampu menuntuskan permasalahan ditingkat adat.

"Timanggong harus tegas dalam menyelesaikan permasalahan ditimgkat adat sehingga lingkungan tertib dan aman dan warga adat semakin patuh dan menjunjung tinggi nilai-nilai Adat yang berlaku," harap Xervasius Sines.

Bripka Riswantoro  saat menyampaikan sambutan mewakili Kapolsek Mempawah Hulu menghimbau Timanggong terpilih supaya sinergi dengan pihak keamanan tanpa intervensi dalam menyelesaikan perkara.

"Saya menghimbau kepada Timanggong terpilih supaya tetap sinergi dalam kemitraan. Jangan diintervensi. Masalah yang diselesaikan ditingkat adat diselesaikan ditingkat adat dan yang diurus di Polsek atau hukum positif juga harus dipatuhi," pungkas Riswantoro.

Timanggong Sailo Salaas yang terpilih secara aklamasi pada tanggal 8 Januari 2018 Padang berharap semua pihak bisa mendukungnya dalam menjalankan kepercayaan warga adat.

"Saya berterimakasih kepada warga yang sudah mempercayakan kepada saya menjadi Timanggong di Binua Sailo Salaas. Saya tidak bisa kerja sendiri. Saya mohon dukungan dan kerjasama warga dalam menegakkan hukum adat," ucap Padang Usai dikukuhkan.

Ketua Panitia Pemilihan Timanggong Binua Sailo Salaas Ropinus U. Berterimakasih atas dukungan sehingga bisa terlaksana proses pemilihan Timanggong samapi pelantikan.

"Kami panitia berterimakasih sehingga tahapan pemilihan Timanggong Binua Sailo Salaas bisa berjalan lancar sampai pengukuhan. Jika ada kekurangan kami dalam pelayanan hari ini mohon dimaklumi," ujar Ropinus.

Acara ditutup dengan doa dan diakhiri dengan pembagian Piring Binua.

Komentar

Faforit

Ngaku Polisi akhirnya Berurusan dengan Polisi