Kapolsek Kunjungi Perusahaan Sawit Antisipasi Karhutla

Landak - Menjalin - Menindak lanjuti perintah Kapolda Kalbar melalui Kapolres Landak, AKBP Bowo Gede Imantio, S.IK,M.H terkait dengan antisipasi kebakaran hutan dan lahan diwilayah kalimantan barat, karena sering terdapat titik hotspot pada setiap musim kemarau yang terpantau oleh berbagai satelit.

Kapolsek Menjalin, Iptu Dwie Raharjo, SH beserta 2 (dua) orang anggotanya mengunjungi perkebunan kelapa Sawit yaitu seperti PT.LAU ( PT.Landak Agro Utama) dan PT.HDL (PT.Hilton Duta Lestari) yang memiliki luas lahan perkebunan yang cukup besar di daerah Kecamatan Menjalin, Selasa (23/01).

Dalam kunjungannya tersebut Kapolsek memberikan sosialisasi Karhutla sekaligus melakukan pengecekan mulai dari struktur petugas pemadam, data inventaris peralatan, embung kanalisasi air, menara api dan peralatan pemadam kebakaran milik perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut untuk memastikan kesiapan pihak perusahaaan untuk penanggulangan Karhutla.

Ia menghimbau pihak perusahaan perkebunan kelapa Sawit untuk koordinasi aktif kerjasama dalam mengantisipasi karhutla.

“Kondisi musim saat ini sudah mulai rentan terjadi kebakaran lahan, dalam beberapa waktu kedepan kemungkinan intensitas hujan sudah semakin kecil sehingga harus dilakukan pengecekkan kesiapan penanggulangan, ditambah ancaman karhutla yang saat ini sudah menjadi isu nasional sehingga upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin", ujar Kapolsek Menjalin saat berbincang dengan Bapak Suparjo, Manager Estate 1 PT.HDL.

"Dari hasil kunjungan Kapolsek Menjalin terkait pengecekkan kesiapan penanggulangan Karhutla pihak perusahaan tersebut masih di nilai kurang maksimal, semoga dengan di lakukannya pengecekkan secara dini ini, nantinya pihak perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak Polsek Menjalin untuk mempersiapkan peralatan pemadam kebakaran guna menanggulangi bencana Karhutla di wilayah Kecamatan Menjalin", Pungkas Iptu Dwie usai meninggalkan lokasi kebun PT.HDL.

Walau medan ekstrim untuk menjangkau perusahaan kebun kelapa Sawit tapi tidak menyurutkan semangat Kapolsek Menjalin dan anggotanya untuk datang ke lokasi menyampaikan pesan pimpinan.
Penulis : Oktavianto

Komentar

Faforit

Ngaku Polisi akhirnya Berurusan dengan Polisi